Tahun 1975 merupakan awal perjalanan usaha PT Infomedia Nusantara
menjadi perusahaan pertama penyedia layanan informasi telepon di
Indonesia. Di bawah subdivisi Elnusa GTDI dari anak perusahaan
Pertamina, Infomedia telah menerbitkan Buku Petunjuk Telepon Telkom
Yellow Pages.
Perkembangan yang tercatat selanjutnya adalah berdirinya PT Elnusa
Yellow Pages di tahun 1984 yang berubah nama di tahun 1995 menjadi PT
Infomedia Nusantara pada saat PT Telkom Tbk menanamkan investasi. Untuk
mendukung implementasi Good Coorporate Governance dalam setiap aspek
kegiatan perusahaan, Infomedia telah mengeluarkan kebijakan pedoman tata
kelola perusahaan di tahun 2008.
Pada tanggal 30 Juni 2009 PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
melalui PT Multimedia Nusantara (Metra), anak perusahaan yang 99,99%
milik Telkom (selanjutnya disebut Telkom Group) telah menandatangani Shares Sales & Purchase Agreement (SPA)
untuk membeli 49% saham PT Infomedia Nusantara (Infomedia) milik PT
Elnusa Tbk (Elnusa), sehingga 100% saham PT Infomedia Nusantara telah
dimiliki oleh Telkom Group.
Saat ini, Infomedia, sesuai dengan visinya menjadi penyedia jasa
layanan informasi yang utama dikawasan regional telah melakukan berbagai
upaya untuk mewujudkan visi tersebut dengan mengoptimalkan kompetensi
untuk mengambil opportunity dalam pengembangan bisnis kedepan
melalui transformasi bisnis dari 3 Pilar Bisnis ( Layanan Direktori,
Layanan Contact Center dan Layanan Konten ) menuju Layanan Outsourcing
atau Business Process Outsourcing ( BPO ) dan Layanan Konten Digital atau Digital Rich Content ( DRC ).
Layanan Outsourcing atau Business Process Outsourcing (BPO) didefinisikan sebagai bisnis penyediaan jasa alih-daya (outsourcing) oleh pihak ketiga bagi perusahaan untuk satu atau beberapa fungsi bisnis dalam jangka panjang (multi year contract). Bisnis Layanan Outsourcing (BPO) yang telah dijalani Infomedia saat ini berbasis layanan voice yaitu Layanan Contact Center baik untuk inbound maupun outbound dan non voice seperti direct mail dan web development. Namun
saat iniInfomedia telah membagi bisnis Layanan Outsourcing (BPO)
kedepannya dalam empat kelompok berdasarkan basis layanan yaitu: Contact
Center Services, HR Services, IT Services dan Direct Mail.
Sedangkan pengembangan bisnis Layanan Konten Digital (DRC)
didasarkan oleh semakin berkembangnya kebutuhan informasi yang semakin
cepat dan mobile, perubahan gaya hidup dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Infomedia membagi bisnis DRC dalam 3 bagian, yaitu; printed (Yellow Pages, White Pages & Special Directory ) , mobile (mobile application, SMS)dan online (online ad, e-commerce, membership).
Keseluruhan produk dan layanan Infomedia merupakan komitmen perusahaan
dalam memberikan solusi layanan informasi dan komunikasi yang prima bagi
customer dan masyarakat di Indonesia.Sumber: PT Telkom Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar